Tata Pemerintahan Pagaruyung
Kategori: Tata Negara
Elemen Budaya: Ritual
Provinsi: Sumatera Barat
Asal Daerah: Minang
Pagaruyung didirikan pada tahun 1347 dan berubah menjadi
kesultanan islam pada abad ke-16. Kerajaan ini dapat dipandang sebagai bentuk
kelanjutan dari sistem politik konfederasi yang telah luas berkembang di
kalangan masyarakat Minangkabau sebelumnya.
I. Wilayah
Konsep kewilayahan Pagaruyung dapat dilihat dalam dua cara pandang, yaitu
secara geografis dan secara budaya.
Dalam sudut pandang geografis, kerajaan Pagaruyung terduru daru 3 kawasan
wilayah, yaitu Darek, Rantau dan Pesisir.
Wilayah Derek merupakan wilayah utama Pagaruyung yang berlokasi di tanah tinggi
di kawasan Bukit Barisan. Nagari-nagari didalam wilayah Darek dapat pula
diklasifikasi menjadi tiga kelompok, yang disebut Luhak nan Tigo, yaitu:
• Luhak Tanah Data terdiri dari 9 kelompok nagari: Tampuak Tangkai Pariangan
Salapan Koto (Pariangan, Padang Panjang, Guguak, Sikaladi, Koto Tuo, Tanjuang
Limau, Sialahan, Batu Basa), Tujuah Langgam di Hilia (Turawan, Padang Lua,
Padang Magek, Sawah Kareh, Kinawai, Balimbiang, Bukik Tamusu), Limo Kaum Duo
Baleh Koto (Dusun Tuo, Balah Labuah, Balai Batu, Kubu Rajo, Piliang, Ngungun,
Panti, Silabuak Ampalu, Parambahan, Cubadak, Supanjang, Pabalutan, Sawah Jauah,
Rambatan, Tabek Sawah Tangah), Sambilan Koto di Dalam (Tabek Boto, Salagondo,
Baringin, Koto, Baranjak, Lantai Batu, Bukik Gombak, Sungai Ameh, Ambacang
Baririk, Rajo Dani), Tanjuang Nan Tigo Lubuak Nan Tigo (Tanjuang Alam, Tanjuang
Sungayang, Tanjuang Barulak, Lubuak Sikarah, Lubuak Simauang, Lubuak Sipurai),
Sungai Tarab Tujuah Batu (Limo Batu, Tigo Batu, Ikua Kapalo Kapak, Randai Gombak
Katitiran, Koto Tuo Pasia Laweh, Koto Baru, Rao Rao, Salo Patir Sumaniak,
Supayang, Situmbuak, Gurun Ampalu, Sijangek Koto Badampiang), Langgam Nan
Tujuah (Labutan, Sungai Jambu, Batipuah Nagari Gadang, Tanjuang Balik Sulik
Aia, Singkarak, Saniang Baka, Silungkang, Padang Sibusuak, Sumaniak, Suraso,
Simawang, Bukit Kandung), Batipuah Sapuluah Koto (Batipuah, Koto Baru Aia
Angek, Koto Laweh Pandai Sikek, Panyalaian, Bukik Suruangan, Gunuang,
Paninjauan, Jaho Tambangan, Pitalah Bungo Tanjuang, Sumpu Malalo, Singgalang),
and Lintau Buo Sambilan Koto (Batu Bulek, Balai Tangah, Tanjuang Bonai, Tapi
Selo Lubuak Jantan, Buo, Pangian, Taluak Tigo Jangko).
• Luhak Agam, terdiri dari 3 kemompok nagari: Ampek-Ampek Angkek (Biaro,
Balaigurah, Lambah, Panampuang, Canduang, Kotolaweh, Kurai, Banuhampu, Sianok,
Koto Gadang, Guguak, Tabek Sarajo, Sariak, Sungaipua, Batagak, Batu Palano),
Lawang Nan Tigo Balai (Matua Palembayan, Malalak, Sungai Landie), and Nagari
Sakaliliang Danau Maninjau (Maninjau, Sungai Batang, Sigiran, Tanjuang Sani,
Bayua, Koto Kaciak, Koto Gadang Koto Malintang, Paninjauan, Batu Kambiang,
Lubuak Basuang, Manggopoh).
• Luhak Limapuluah Koto, terdiri dari 5 kelompok nagari: Sandi (Koto Nan
Gadang, Koto Nan Ampek), Luhak (Suayan, Sungai Balatiak, Sariak Laweh, Tambun
Ijuak, Batuhampa, Koto Tangah, Babai, Durian Gadang, Aia Tabik, Sungai
Kamuyang, Situjuah, Limbukan, Padang Karambia, Sicincin, Aua Kuniang, Tiaka
Payobasuang, Mungo, Andaleh, Taram, Bukik Limbuku, Batu Balang, Koto Nan Ampek,
Koto Nan Gadang), Lareh (Sitanang Muaro Lakin, Ampalu, Halaban, Labuah Gunuang,
Tanjuang Gadang, Unggan, Gunuang Sahilan), Ranah (Gantiang, Koto Laweh, Suliki,
Sungai Rimbang, Tiakar, Balai Mansiro, Balai Talang, Balai Kubang, Taeh,
Simalanggang, Piobang, Sungai Baringin, Gurun, Lubuak Batingkok, Tarantang,
Sari Lamak, Solok), Hulu (Padang Laweh, Sungai Patai, Suliki, Gunuang Sago,
Labuah Gunuang, Balai Koto Tinggi).
Wilayah Rantau dan Pesisir merupakan daerah pengikut yang berkewajiban membayar
pajak ke raja Pagaruyung. WilayahRantau terdiri dari beberapa nagari yang
berloasi di beberapa tempat seperti pantai Timur Sumatera (Pasaman, Lubuk
Sikaping dan Rao), sisi Selatan dan Tenggara south Luhak Tanah Data (Solok
Silayo, Muaro Paneh, Alahan Panjang, Muaro Labuah, Alam Surambi Sungai Pagu,
Sawah lunto Sijunjung), sepanjang sungai besar seperti Sungai Batangsangir
(Rantau 12 Koto), Batanghari river (Nagari Cati nan Batigo), Dareh river
(Siguntue, Rantau Nan Kurang Aso Duopuluah), Sungai Tapuang (Bandaro nan 44), Rantau
Juduhan dan Negeri Sembilan. Wilayah Pasisir terdiri dari beberapa nagari
seperti Meulaboh, Tapak Tuan, Singkil, Sibolga, Sikilang, Aie Bangih, Tiku,
Pariaman, Padang, Bandar Sapuluah (Air Haji, Balai Salasa, Sungai Tunu,
Punggasan, Lakitan, Kambang, Ampiang Parak, Surantiah, Batang kapeh, Painan),
Bayang nan Tujuah, Indrapura, Kerinci, Muko-muko, dan Bengkulu.
Dari sudut pandang budaya, tiap nagari di wilayah Pagaruyung dapat
dikelompokkan sebagai 3 kelompok berdasarkan hukum adat (lareh), yaitu lareh
Koto Piliang, lareh Bodi Chaniago dan lareh nan Panjang. Ketiganya,
bagaimanapun mengikuti dasar permusyawaratan dalam pembentukan konsensus dan
pengambilan kebijakan.
Sistem Bodi Caniago mendasarkan diri pada prinsip kesetaraan di mana semua
Penghulu (kepala suku) yang menerapkan sistem ini memiliki posisi yang setara.
Wilayah lareh Bodi Chaniago terdiri dari 3 kelompok nagari di luhak Tanah Data
(Limo Kaum Duo Baleh Koto, Sambilan Koto di Dalam, Tanjuang Nan Tigo Lubuak Nan
Tigo), dua kelompok nagari di luhak Agam (Lawang Nan Tigo Balai dan Nagari
Sakaliliang danau Maninjau) dan 2 kelompok nagari di luhak Limapuluah Koto
(Hulu dan Luhak).
Di sisi lain, ada pula sistem Koto Piliang yang memiliki sistem yang lebih
otokratik dengan sistem hirarkis posisi Penghulu. Kawasan lareh Koto Piliang
terdiri dari 5 kelompok nagari di luhak Tanah Data (Tujuah Langgam di Hilia,
Sungai Tarab Tujuah Batu, Langgam Nan Tujuah, Batipuah Sapuluah Koto, dan
Lintau Buo Sambilan Koto), kelompok nagari Ampek-Ampek Angkek di luhak Agam dan
Lareh di luhak Limapuluah Koto.
Lebih jauh, ada pula Lareh nan Panjang yang berasal dari kombinasi sistem Bodi
Chaniago dan Koto Piliang system. Wilayah lareh Nan Panjang terdiri dari
beberapa kelompok nagari, yaitu Tampuak Tangkai Pariangan Salapan Koto di lareh
Tanah Data dan Ranah di luhak Limapuluah Koto.
II. Struktur Pemerintahan
• Pemerintahan Pusat
o Raja Tigo Selo: Kepala Pemerintahan.
Ada tiga raja yang bertakhta di kerajaan Pagaruyung, yaituRaja Alam bertempat
di Pagaruyung, Raja Adat bertempat di Sumpur Kudus dan Raja Ibadat bertempat di
Buo. Ketiganya bersamaan disebut sebagai Raja Tiga Selo. Raja Alam, sebagai
pimpinan dari Raja Tiga Selo, memiliki wewenang menjalankan pemerintahan,
sementara dua yang lainnya berwewenang menjalankan pemerintahan sesuai dengan
bidang masing-masing: Raja Adat di bidang hukum adat dan Raja Ibadat di bidang
urusan keagamaan. Namun jika ada persoalan adat atau agama yang tak
terselesaikan, ia dikembalikan pada Raja Alam.
o Datuk nan Batujuh: tujuh perwakilan raja, yang disebut Datuk nan Batujuh.
DI kawasan Luhak kelembagaan raja berfungsi sebagai pengatur arbitrase sosial
namun tidak memiliki otoritas yang kuat dalam urusan internal desa. Raja Alam
hanya memiliki kekuasaan mutlak ke rantau nagari melalui perwakilan yang juga
berperan sebagai raja. Perwakilan yang memerintah wilayah rantau, yakni Rantau
nan kurang aso duo puluah, Rantau duo baleh koto, Rantau Juduhan, Rantau
Bandaro nan 44, Nagari Sembilan, Bandar X, Bayang nan Tujuh.
o Datuk Nan Barampek: Empat jabatan kerajaan yang berfungsi untuk urusan rumah
tangga.
o Basa Ampek Balai: dewan kementerian kerajaan yang berfungsi sebagai lembaga
eksekutif dan bertanggung jawab menjalankan pemerintahan harian. Dewan Basa
Ampek Balai terdiri dari empat anggota, yaitu:
- Bandaharo: perdana menteri dan menjadi pemimpin Basa Ampek Balai, bertempat
di nagari Sungai Tarab
- Makhudum: menteri urusan luar negeri, bertempat di nagari Sumanik.
- Indomo: menteri urusan hukum adat, bertempat di nagari Saruaso.
- Tuan Kadi: menteri urusan keagamaan, bertempat di Padang Ganting.
o Wilayah Khusus: kelompok nagari seperti Langgam Nan Tujuh dan Tanjuang Nan
Ampek, Lubuak Nan Tigo berada langsung di bawah otoritas raja. Langgam Nan
Tujuh merupakan 7 kepala nagari Koto Piliang yang bertempat di Luhak Tanah Data
dan bertanggung jawab mengurusi urusan khusus seperti:
- Datuk Bandaro Putih bergelar Pamuncak Koto Piliang: kepala nagari Sungai
Tarab yang bertanggung jawab sebagai perdana menteri kerajaan Pagaruyung dan
memimpin sekaligus lareh Koto Piliang.
- Tuan Gadang bergelar Harimau Compo Koto Piliang: kepala nagari Batipuh X Koto
yang juga menjadi panglima angkatan bersenjata Pagaruyung
- Pasak Kungkung Koto Piliang: kepala nagari Sungai Jambu yang bertanggung jawab
untuk urusan budaya dan pendidikan
- Perdamaian Koto Piliang: kepala nagari Supayang memimpin fungsi peradilan.
- Cemeti Koto Piliang: kepala nagari Sulik Aie yang memimpin tugas-tugas
kepolisian.
- Camin Tarui Koto Piliang: kepala nagari Singkarak yang bertanggung jawab
untuk urusan investigasi dan pemeriksaan.
- Gajah Tongga Koto Piliang: kepala nagari Silungkang yang berfungsi sebagai
penasihat pemerintahan.
Tanjuang Nan Ampek, Lubuak Nan Tigo merupakan 7 kepala nagari Bodi Chaniago
yang berlokasi di Luhak Tanah Data, yaitu kepala nagari Tanjuang Alam, kepala
nagari Tanjuang Sungayang, kepala nagari Tanjuang Barulak, kepala nagari Lubuak
Sikarah, kepala nagari Lubuak Simauang dan kepala nagari Lubuak Sipurai.
• Pemerintah Daerah
Struktur pemerintah daerah kerajaan Pagaruyung adalah sebagai berikut:
o Dewan Penghulu: sebuah majelis Penghulu dari suku-suku di dalam nagari, yang
berfungsi sebagai tempat membicarakan hal-hal penting terkait nagari.
o Penghulu Kepala: kepala nagari dan sekaligus Dewan Penghulu
o Penghulu Suku: kepala suku di dalam nagari. Dalam tugasnya, ia dibantuk oleh
3 jabatan suku, yaitu Monti sebagai suku intellectual, Dubalang sebagai suku
kepolisian, dan Malin sebagai suku hakim.
o Tua Kampuang: kepala desa, yang dibantu oleh Pandito yang mengurusi ikhwal
keagamaan.
o Tungganai: kepaa klan keluarga.
Berdasarkan sistem hukum adat dan luhak di mana nogari berlokasi, ada perbedaan
dalam otoritas hirarkis di antra nagari dalam sistem kerajaan Pagaruyung.
Secara formal, otoritas hirarkis di in nagari Koto Piliang terdiri dari 6
tingkatan, yaitu: Dewan Penghulu, kepala nagari, kepala nagari di tiap luhak,
Basa Ampek Balai, Raja Duo Selo (Raja Adat dan Raja Agama), dan Raja Alam.
Namun ada pula Datuk Bandaro Panjang yang berkedudukan di Biaro yang memimpin
secara tradisional adat Koto Piliang dalam luhak Agam. Di sini Raja yang
berkedudukan di Lareh Sitanang Muaro Lakin memimpin sistem adat di luhak
Limapuluah Koto
Otoritas hirarkis di sistem tradisional Bodi Chaniago, antara lain: Dewan
Penghulu, Dewan Luhak dan Dewan Bodi Chaniago. Dewan Penghulu terdiri dari
beberapa Penghulu dari masing-masing suku di nagari. Dewan Luhak terdiri dari 3
delegasi dari masing-masing dalam luhak yang sama. Dewan Bodi Chaniago terdiri
dari semua anggota Dewan Luhak dan delegasi dari nagari di Bodi Chaniago yang
bertempat di luar wilayah Luhak nan Tigo. Ada beberapa Penghulu yang berperan
sebagai kepala Dewan Bodi Chaniago di masing-masing level, sebagai berikut:
o Datuk Bandaro Kuniang Gajah Gadang Patah Gadiang: pemimpin terbesar di sistem
tradisional Bodi Chaniago yang bertempat di nagari Kuba Rajo.
o Datuak Nan Batigo: gelar tradisional dari tiga Datuk yaitu Datuk nan Dusun
Tuo, Datuk nan Paliang, dan Datuk nan Kubu Rajo yang berperan sebagai pemimpin
nagari Bodi Chaniago di Luhak Tanah Data.
o Dt. Bandaro Kuniang: pemimpin sistem tradisional Bodi Chaniago di luhak Agam,
bertempat di nagari Baso.
o Sistem tradisional Bodi Chaniago di luhak Limapuluah Koto dipimpin oleh Rajo
Luhak di Air Tabik Minyak Salabu, Rajo Hulu di Situjuh Bandanyo Dalam dan Rajo
Sandi di Sando Payokumbuah.
Lebih jauh, ada pula Datuk Bandaro Kayo dan Marajo Basa di Pariangan Padang
Panjang yang berperan sebagai pemimpin sistem adat Lareh nan Panjang di luhak
Tanah Data. Lareh nan Panjang di luhak Limapuluah Koto dipimpin oleh Rajo di
Ranah Talago Ganting.
Pustaka
1. Abidin, H M., ()., Minangkabau dan Sistem Kekerabatan: Hubungan Kekeluargaan
Minangkabau, bersuku ke ibu, bersako ke mamak, dan bernasab ke ayah., Draft
sumbangan Pikiran untuk Kompilasi ABSSBK
2. Navis,A.A., (1984)., Alam Takambang menjadi Guru; ADat dan Kebudayaan
Minangkabau., Jakarta : PT. Grafiti Press
3. Salim, A., ()., Sejarah yang Tercecer.,
http://www.sumbarprov.go.id/home/detail.asp?iData=498&iCat=480&iChannel=32&nChannel=Artikel
4. Yakub, Nurdin., (1987)., Minangkabau tanah pusaka : tambo Minangkabau.,
Pustaka Indonesia
5. Sati, Rajo.,()., Tambo Adat Minangkabau tentang Undang-undang No 20 Hukum
Alam dan Undang-Undang no.21 tentang Hukum Adat
6. Sairin,S.,(1995)., Demokrasi dalam Perspektif Kebudayaan Minangkabau.,Jurnal
Humaniora
7. http://ukm.unit.itb.ac.id/
8. http://www.angelfire.com/id2/adyan/minang/tambo.html
Mengenai Klan/Suku dalam Budaya
Minangkabau
Assalamualaikum, Salam Sejahtera,
Permisi kepada Para Moderator, Sesepuh, dan Kaskuser Saya berniat ingin Share
Sedikit Info yang saya dapat mengenai Klan/Suku dalam kebudayaan Minangkabau
Pada sebagian Masyarakat Indonesia ada yang bertanya mengenai Suku pada
kebudayaan Minangkabau. Istilah ini agak membingungkan, karena ada yang
mengaitkan suku pada kebudayaan Minangkabau sebagai suku atau etnis, tetapi ada
juga yang mengartikan sebagai marga seperti yang terdapat pada suku Batak,
Ambon, Toraja, dan Minahasa. Pada kebudayaan Minang suku disini bisa diartikan
sebagai klan atau juga sebagai marga atau nama keluarga yang turun atau diambil
dari garis keturunan Ibu yang disebut Matrilienal.
Suku dalam Tatanan Budaya Masyarakat Minangkabau merupakan basis dari
organisasi sosial, sekaligus tempat pertarungan kekuasaan yang fundamental.
Pengertian awal kata suku dalam Bahasa Minang dapat bermaksud satu perempat,
sehingga jika dikaitkan dengan pendirian suatu nagari di Minangkabau dapat
dikatakan sempurna apabila telah terdiri dari komposisi empat suku yang
mendiami kawasan tersebut.
Spoilerfor Masyarakat
Minang 1900:
Selain sebagai basis politik, suku juga merupakan basis dari unit-unit ekonomi.
Kekayaan ditentukan oleh kepemilikan tanah keluarga, harta, dan sumber-sumber
pemasukan lainnya yang semuanya itu dikenal sebagai harta pusaka. Harta pusaka
merupakan harta milik bersama dari seluruh anggota kaum-keluarga. Harta pusaka
tidak dapat diperjualbelikan dan tidak dapat menjadi milik pribadi. Harta
pusaka semacam dana jaminan bersama untuk melindungi anggota kaum-keluarga dari
kemiskinan. Jika ada anggota keluarga yang mengalami kesulitan atau tertimpa
musibah, maka harta pusaka dapat digadaikan.
Menurut Tambo alam Minangkabau, pada masa awal pembentukan budaya Minangkabau,
hanya ada empat suku induk dari dua kelarasan. Suku-suku tersebut adalah Suku
Koto, Suku Piliang, Suku Bodi, dan Suku Caniago. Sedangkan kelarasan yang
dimaksud adalah kelarasan koto piliang dan kelarasan bodi caniago, kelarasan
disini semacam sistem kekuasaan, dan dalam perkembangannya kelarasan koto
piliang cendrung kepada sistem aristokrat sedangkan kelarasan bodi caniago
lebih kepada sistem konfederasi.
Suku-suku dalam Minangkabau pada awalnya kemungkinan ditentukan oleh raja
Pagaruyung, namun sejak berakhirnya kerajaan Pagaruyung tidak ada lagi muncul
suku-suku baru di Minangkabau.
Sedangkan orang Minang di Negeri Sembilan Malaysia membentuk 13 suku baru yang
berbeda dengan suku asalnya di Minangkabau.