Postingan Populer

Postingan Populer

Jumat, 26 Januari 2018

Bismillah..
*7 MACAM PERSAHABATAN* *Tapi Hanya 1 Tersisa Sampai Di Akhirat*

1. *“Ta’aruffan”* , adalah persahabatan yang terjalin karena *pernah berkenalan secara kebetulan*, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM, bioskop dan lainnya.

2. *“Taariiihan”*, adalah persahabatan yang terjalin karena *faktor sejarah*, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama dan sebagainya.

3. *“Ahammiyyatan”*, adalah persahabatan yang terjalin karena *faktor kepentingan tertentu*, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

4. *“Faarihan”*, adalah persahabatan yang terjalin karena *faktor hobbi*, seperti teman futsal, badminton, tenis, berburu, memancing, dan sebagainya.

5. *“Amalan”*, adalah persahabatan yang terjalin karena *satu profesi*, misalnya sama-sama dokter, guru, dan sebagainya.

6. *“Aduwwan”*, adalah *seolah sahabat tetapi musuh*, di depan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya, _*“Bila engkau memperoleh nikmat, ia benci, bila engkau tertimpa musibah, ia senang”*_ (QS 3:120).

Rasulullah mengajarkan doa, _*“Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yg bila melihat kebaikanku ia sembunyikan, tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan.”*_

7. *“Hubban Iimaanan”*, adalah sebuah *ikatan persahabatan yang lahir batin*, tulus saling cinta & sayang krn ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-2 dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya.

Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia *cinta sahabatnya karena Allah Ta’ala*.

Dari ke 7 macam persahabatan diatas, *1 – 6 akan sirna di Akhirat*. yang tersisa hanya ikatan
*persahabatan yang ke 7*, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah (QS 49:10),

_*"Teman2 akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena Ketaqwaan”*_ (QS 43:67)

*Selalu saling mengingatkan dlm kebaikan dan kesabaran*

Saudaraku yang aku cintai karena Allah..
_*"Sahabatku, dengarkanlah sejenak…*_

Diriwayatkan, bahwa : _*Apabila penghuni Surga telah masuk ke dalam Surga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, mereka bertanya tentang sahabat mereka itu kepada Allah Subhaanahu wa ta’ala …*_
_*"Yaa Rabb…Kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di Dunia, Shalat bersama kami, Puasa bersama kami dan berjuang bersama kami,"*_

Maka Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: _*"Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada Iman walaupun hanya sebesar dzarrah."*_
(HR. Ibnul Mubarak dalam kitab "Az-Zuhd")

Al-Hasan Al-Bashri berkata:
_*"Perbanyaklah Sahabat-sahabat Mu’min-mu, karena Mereka memiliki Syafa’at pada hari kiamat."*_

Ibnul Jauzi pernah berpesan kepada Sahabat-sahabatnya sambil menangis :
_*"Jika kalian tidak menemukan aku nanti di surga bersama kalian, maka bertanyalah kepada Allah ta’ala tentang aku*_, *"Wahai Rabb Kami.. Hamba-Mu fulan, sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang ENGKAU. Maka masukkanlah dia bersama kami di Surga-Mu*.

_*"Sahabatku….*_
_*Mudah-mudahan dengan ini, aku telah mengingatkanmu   tentang Allah ta’ala agar aku dapat bersamamu kelak di Surga & meraih Ridho-Nya…*_

Aku memohon kepada-Mu yaa Allah
_*"Karuniakanlah kepadaku Sahabat-Sahabat yang selalu mengajakku untuk Tunduk, patuh & Taat kepada Syariat-Mu…*_

*Kekalkanlah persahabatan kami hingga kami bertemu di akhirat nanti dengan-M Iu…*

_*Aamiin.. 3 X*_

Terima kasih sahabat….
_*Semoga Allah mengumpulkan kita didalam Firdaus-Nya….*_

_*Aamiin 3 X Yaa Rabbal 'Aalamiin*_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.